Pages

Tuesday, September 6, 2016

Lapangan Sepak Bola

Lapangan Sepak bola atau yang di Indonesia dikenal dengan lapangan hijau, merupakan arena pertandingan untuk bermain olah raga Sepak bola. Lapangannya berbentuk persegi panjang dengan permukaan yang datar dan biasanya ditumbuhi oleh rumput alami atau rumput sintetis. ). Untuk sisi terpendek disebut dengan garis gawang dan Sisi terpanjang yang berada di kanan atau kiri arena disebut garis lapangan (touchline). Di sini adalah batas pemain lawan dapat menyentuh bola untuk mengoper ketimnya setelah bola keluar dari garis ini yang disebabkan karena bola tak terkontrol. Ya, salah satu fungsi dari kedua jenis garis yang membatasi arena pertandingan adalah untuk mengetahui agar bola tidak keluar dari arena pertandingan.

Ukuran lapangan bola sepak, Ukuran lapangan bola, Jarak lapangan bola
Ukuran Lapangan Sepak bola

Ukuran garis lapangan (touchline) antara 90 m sampai 120 m (100 yard sampai 130 yard) sedangkan ukuran garis gawang antara 45 m sampai 90 m (50 yard sampai 100 yard). Garis garis yang dimaksud tadi ditandai dengan lebar yang sama dan yang jelas tidak boleh melebihi 12 cm atau 5 inchi. Di keempat sudut lapangan ditandai dengan bendera sudut. Untuk pertandingan internasional, ukuran dari lapangan lebih ketat lagi. Garis gawang harus memiliki lebar antara 64 m dan 75 m (70 yard dan 80 yard) dan garis lapangan (touchlines) harus antara 100 m dan 110 m (110 yard dan 120 yard).

Selain kedua jenis garis tadi terdapat juga garis dua persegi panjang di depan kedua gawang yaitu Area penjaga gawang (Goal area) dan Kotak Pinalti (Pinalty area).

Di dalam area penjaga gawang atau umumnya disebut kotak 6 yard, Ukurannya diambil dari 6 yard (5 m) dari gawang kemudian melebar keatas sejajar dengan garis lapangan (touchline) 6 yard (5 m). Ada beberapa fungsi area ini, salah satunya adalah tempat untuk kiper atau pemain lain melakukan tendangan gawang setelah bola keluar oleh lawan. Tempat ini juga menjadi daerah istimewa bagi kiper, karena di sini ia tak bisa diganggu lawan saat terjadi perebutan bola. Area penjaga gawang ini juga merupakan Tempat yang digunakan sebagai batas wasit saat menjatuhkan bola (dropping ball) ketika harus melanjutkan permainan dan batas tendangan bebas tidak langsung. Artinya, dua keadaan tersebut tidak dapat dilakukan di dalam area penjaga gawang jika memang terjadi pelanggaran di area tersebut, harus dilakukan minimal di garis luarnya. Fungsi lainnya adalah penanda di mana wasit harus berdiri saat terjadi tendangan penalti, yakni berdiri lurus sejajar dengan garis terluar.

Kotak lainnya yaitu kotak pinalti atau Sering disebut kotak 18 yard karena lebarnya 18 yard (16,5 m). Sama pembentukannya seperti area penjaga gawang namun membentang 18 yard (16 m). Digunakan sebagai area khusus penjaga gawang karena penjaga gawang boleh menggunakan tangannya untuk menyentuh bola. Pelanggaran di daerah ini oleh pemain bertahan juga akan dihukum tendangan penalti, meski ada beberapa jenis pelanggaran lain yang memungkinkan dilakukannya tendangan bebas tidak langsung. Di dalamnya juga ada titik putih tempat bola diletakkan yang jaraknya 11 m (12 yds) dari garis gawang, hal ini yang memunculkan istilah tendangan 12 pas. Ini adalah titik dari mana tendangan penalti yang diambil. Busur Pinalti yang ditandai dari tepi luar area penalti, berjarak 9.15 meter (10 yd) dari tanda penalti adalah area para semua pemain kecuali sang executor pinalti dan kiper saat melakukan tendangan penalti. Hal in bertujuan agar tidak ada penumpukan pemain di depan kotak penalti bagian tengah saat terjadi tendangan, yang bisa mengganggu sang eksekutor penalti.

Ada juga garis lain yang terdapat dilapangan yaitu berbentuk lingkaran tepat ditengahnya. Pusat lingkaran ditandai di 9.15 meter (10 yd) dari tanda pusat. Mirip dengan busur penalti, ini menunjukkan jarak minimum yang pemain lawan harus tetap di kick-off, bola itu sendiri ditempatkan pada tanda pusat. Terdapat garis yang membagi garis membagi lapangan menjadi dua. Masing masing pemain harus berada dalam area mereka sendiri pada saat kick-off dan tidak dikenakan sanksi
Garis lainnya adalah berbentuk Seperempat lingkaran di sudut-sudut arena lapangan dengan ukuran 1 yard dari sudut. Disini bola harus ditempatkan untuk tendangan sudut, pemain lawan harus 9.15 m (10 yd) menjauh.

1 comments:


  1. 1Untuk Menikmati Permainan Poker Online seperti Asli hanya bersama kami di KEBUNPOKER.COM..
    100 % menggunakan Uang Asli
    100% Tanpa BOOT!!
    100% Player VS Player
    1000 % Berapapun Kemenangan Anda Semua PASTI Akan Kami Bayar...
    Di dukung oleh Server Terbaik Untuk Mendukung Kelancaran Permainan,,,SUDAH TERBUKTI !!!!
    PENDAFTARAN >> http://kebunpkr99.pkr69.com/

    ReplyDelete